seic logo

Mengenal Izin Usaha Pertambangan Khusus Eksplorasi Di Indonesia

What We Do

We help various sector companies accelerate sustainable and inclusive growth by guiding their journey to comply over Indonesia Goverment Regulation

Indonesia memiliki kekayaan mineral yang memerlukan tata kelola pertambangan yang baik untuk memastikan eksplorasi sumber daya dilakukan dengan bertanggung jawab. Dalam konteks ini, Izin Usaha Pertambangan Khusus Eksplorasi (IUPK Eksplorasi) memegang peran penting dalam pengelolaan wilayah pertambangan strategis nasional.

Apa Itu Izin Usaha Pertambangan Khusus Eksplorasi (IUPK
Eksplorasi)?

Berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020 (Pasal 1 Ayat 17), Izin Usaha Pertambangan Khusus Eksplorasi yang selanjutnya disebut IUPK Eksplorasi adalah izin usaha yang diberikan untuk melakukan tahapan kegiatan Penyelidikan Umum, Eksplorasi, dan Studi Kelayakan di wilayah izin usaha pertambangan khusus. Dalam hal ini izin yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kepada entitas untuk melakukan kegiatan ekplorasi mineral atau batubara di wilayah yang telah ditetapkan sebagai wilayah pertambangan strategis nasional.

Perbedaan Antara IUP Eksplorasi Dan IUPK Eksplorasi

  1. Pemberi Izin
    IUP Eksplorasi dapat diberikan oleh pemerintah daerah atau pusat, sementara IUPK Eksplorasi khusus diberikan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian ESDM.
  2. Wilayah Operasi
    IUP Eksplorasi biasanya mencakup area pertambangan reguler, sementara IUPK Eksplorasi khusus untuk wilayah pertambangan strategis
  3. Regulasi
    Karena sifat strategis dari IUPK, regulasi dan persyaratan yang berkaitan dengan IUPK Eksplorasi mungkin lebih ketat dibandingkan dengan IUP Eksplorasi Namun keduanya memiliki peran penting dalam tata kelola pertambangan di Indonesia. Memahami perbedaan antara keduanya adalah esensial bagi pelaku industri pertambangan untuk memastikan
    bahwa mereka mematuhi regulasi yang berlaku dan memaksimalkan peluang di sektor pertambangan Indonesia.

Mengapa IUPK Eksplorasi Diperlukan?

a. Pemisahan Wilayah Strategis

  1. Wilayah Strategis Nasional: Pemerintah menetapkan beberapa wilayah sebagai area strategis karena potensi atau nilai ekonominya yang tinggi. Wilayah-wilayah ini memerlukan perhatian khusus dan tata kelola yang berbeda.
  2. Kejelasan Hukum: Dengan adanya IUPK Eksplorasi, ada kejelasan hukum bagi pelaku usaha untuk melakukan eksplorasi di wilayah strategis.

b. Pengendalian Eksploitasi Sumber Daya

  1. Pemantauan: IUPK Eksplorasi memungkinkan pemerintah untuk memantau kegiatan eksplorasi dengan lebih ketat, memastikan bahwa metode dan teknik yang digunakan sesuai dengan standar.
  2. Pencegahan Eksploitasi Liar: Izin ini mengurangi potensi eksplorasi ilegal yang mungkin merusak lingkungan dan menghindari kontribusi kepada perekonomian nasional.

c. Perlindungan Lingkungan dan Masyarakat

  1. Standar Lingkungan: IUPK Eksplorasi memastikan bahwa kegiatan eksplorasi mematuhi standar lingkungan yang ketat, melindungi ekosistem dan keanekaragaman hayati.
  2. Manfaat Bagi Masyarakat Lokal: Dengan izin ini, perusahaan diwajibkan untuk memberikan manfaat ekonomi dan sosial kepada masyarakat lokal, termasuk pekerjaan, pelatihan, dan program CSR.

d. Mendorong Investasi yang Bertanggung Jawab

  1. Kepercayaan Investor: Izin ini memberikan kepercayaan kepada investor bahwa eksplorasi mereka dilakukan dalam kerangka hukum yang jelas dan transparan.
  2. Keberlanjutan Usaha: Dengan mematuhi regulasi melalui IUPK Eksplorasi, perusahaan memiliki dasar yang lebih kuat untuk kegiatan jangka panjang mereka di Indonesia.

Proses Perolehan IUPK Eksplorasi

Berikut langkah-langkah perolehan IUPK Eksplorasi, sebagai berikut:

  1. Penyiapan Dokumen:
    • Rencana kerja eksplorasi
    • Studi lingkungan awal dan rencana pemantauan lingkungan
    • Bukti kemampuan teknis dan finansial
  2. Pendaftaran dan Pengajuan:
    • Pendaftaran ke Kementerian ESDM dengan melampirkan dokumen yang diperlukan
    • Pengisian formulir aplikasi dan pembayaran biaya administrasi yang ditetapkan
  3. Evaluasi oleh Kementerian ESDM:
    • Evaluasi kelengkapan dokumen
    • Verifikasi kemampuan teknis dan finansial perusahaan
    • Evaluasi rencana kerja eksplorasi
  4. Pemberian Rekomendasi:
    • Apabila memenuhi syarat, Kementerian ESDM akan memberikan rekomendasi untuk
    penerbitan IUPK Eksplorasi
  5.  Penerbitan IUPK Eksplorasi:
    • Dengan rekomendasi dari Kementerian ESDM, Gubernur atau Pejabat yang berwenang
    akan menerbitkan IUPK Eksplorasi.

Durasi Dan Perpanjangan

IUPK Eksplorasi biasanya diberikan untuk jangka waktu tertentu, misalnya 7 (tujuh) tahun, dengan kemungkinan perpanjangan jika diperlukan, tergantung pada progres eksplorasi.

Izin Usaha Pertambangan Khusus Eksplorasi merupakan instrumen penting dalam tata kelola pertambangan Indonesia, khususnya untuk wilayah-wilayah dengan potensi sumber daya yang strategis. Melalui IUPK Eksplorasi, pemerintah berupaya memastikan bahwa kegiatan eksplorasi dilakukan dengan standar tertinggi, mempertimbangkan kepentingan nasional dan keberlanjutan lingkungan. Bagi investor dan pemangku kepentingan di sektor pertambangan, memahami kerangka
kerja IUPK Eksplorasi adalah kunci untuk sukses dalam operasi pertambangan di wilayah strategis Indonesia.

Artikel Mengenal Izin Usaha Pertambangan Khusus Eksplorasi ini memuat dasar-dasar peraturan yang telah diterbitkan oleh Pemerintah terkait Dokumen Pertambangan Mineral dan Batu Bara. Anda ingin mengetahui bagaimana cara menerbitkan Izin Usaha Pertambangan? Konsultasi dengan Customer Service kami di sini.

Examples of Our Work

What We Create

SEIC menyediakan jasa konsultansi untuk perusahaan di berbagai level dengan proses komprehensif, serta solusi yang menjawab tantangan pasar era digital. 

Jasa ini meliputi Konsultansi Perizinan Bangunan, Konsultansi Perizinan Lingkungan, Konsultansi Perizinan Transportasi, Konsultansi Perizinan Pertambangan. 

Our Most Recent Project

How We Work

Reliability of Work Methodology

SEIC menawarkan Anda Metode Kerja Unggulan berupa modul Terms of Reference (TOR) yang merupakan penjelasan lengkap yang berbentuk berkas ataupun dokumen tentang landasan, tujuan, dan juga struktur proyek yang akan segera dilakukan. 

Gratis Konsultasi

Konsultasi Gratis setiap hari bersama Customer Service Specialist kami.

Pemberkasan Persyaratan

Tim Profesional kami akan mengumpulkan Berkas Administrasi & Teknis Anda.

Perjanjian Kerjasama

Pada tahap ini, Anda akan melakukan pembayaran dan Tim kami siap melakukan Survey Lapangan.

Survey Lapangan

Tim Profesional kami akan mengunjungi Anda untuk pengambilan sampel atau data lapangan.

Penyusunan Dokumen

Tim kami akan menyusun Kajian atau Dokumen Anda.

Perizinan Terbit

Perizinan Anda terbit!

Supported By