seic logo

Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi: Langkah Kritis Dalam Eksploitasi Mineral Di Indonesia 2023

What We Do

We help various sector companies accelerate sustainable and inclusive growth by guiding their journey to comply over Indonesia Goverment Regulation

Apa Itu Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi? (IUP Operasi Produksi)?

Berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020 (Pasal 1 Ayat 16), Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi yang selanjutnya disebut IUP Operasi Produksi adalah izin usaha yang diberikan setelah selesai pelaksanaan IUP Eksplorasi untuk melakukan tahapan kegiatan operasi produksi. Hal ini termasuk kegiatan
Konstruksi, Penambangan, Pengolahan dan/atau Pemurnian atau Pengembangan dan/atau
Pemanfaatan, serta Pengangkutan dan Penjualan.

Badan Usaha dan/atau Koperasi dan/atau Perusahaan perseorangan wajib melakukan kegiatan Eksplorasi lanjutan setiap tahun dan menyediakan anggaran. Pemegang IUP yang telah menyelesaikan kegiatan Eksplorasi dijamin untuk dapat melakukan kegiatan Operasi Produksi sebagai kelanjutan kegiatan usaha pertambangannya yang mana wajib memenuhi persyaratan administratif, teknis, lingkungan, dan finansial.

Dasar Hukum

1. Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral dan Batubara
2. Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Pertambangan Mineral dan Batubara
3. Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Tata Cata Pemberian Wilayah, Perizinan, dan Pelaporan Pada Kegitan Usaha Pertambangan Mineral Dan Batubara

Masa Berlakunya Izin IUP Operasi Produksi (IUP Operasi Produksi) 

Berdasarkan UU Nomor 3 Tahun 2020, jangka waktu kegiatan Operasi Produksi diberikan dengan
ketentuan:

  • 20 (dua puluh) tahun dan perpanjangan 2 (dua) kali masing-masing 10 (sepuluh) tahun untuk Pertambangan Mineral Logam;
  • 10 (sepuluh) tahun dan perpanjangan 2 (dua) kali masing-masing 5 (lima) tahun untuk Pertambangan Mineral Bukan Logam;
  • 20 (dua puluh) tahun dan perpanjangan 2 (dua) kali masing-masing 10 (sepuluh) tahun untuk Pertambangan Mineral Bukan Logam jenis tertentu;
  • 5 (lima) tahun dan perpanjangan 2 (dua) kali masing-masing 5 (lima) tahun untuk Pertambangan Batuan;
  • 20 (dua puluh) tahun dan perpanjangan 2 (dua) kali masing-masing 10 (sepuluh) tahun untuk Pertambangan Batubara;
  • 30 (tiga puluh) tahun dan 10 (sepuluh) tahun setiap kali perpanjangan untuk Pertambangan Mineral Logam yang terintegrasi dengan fasilitas pengolahan dan/atau pemurnian;
  • 30 (tiga puluh) tahun dan 10 (sepuluh) tahun setiap kali perpanjangan untuk Pertambangan Batubara yang terintegrasi dengan kegiatan Pengembangan dan/atau Pemanfaatan;

Dari Eksplorasi Ke Produksi: Pentingnya IUP Operasi Produksi 

Setelah tahap eksplorasi selesai dan deposit mineral atau batubara telah terindentifikasi dan dievaluasi, langkah berikutnya adalah eksploitasi atau produksi. IUP Operasi Produksi memberikan hak kepada pemegangnya untuk memulai tahap ini, memastikan:

  • Eksploitasi dilakukan sesuai dengan standar keselamatan dan lingkungan
  • Kontribusi yang sesuai diberikan kepada perekonomian nasional melalui royalti dan pajak.

Peran Kunci dalam Pengembangan Sumber Daya

  1. Legalitas dan Kepatuhan: IUP Operasi Produksi memberikan legalitas bagi perusahaan untuk menjalankan operasi produksi mereka secara sah. Ini memastikan bahwa kegiatan produksi dilakukan sesuai dengan peraturan dan hukum yang berlaku, menghindari kegiatan ilegal yang merugikan perekonomian dan lingkungan.
  2. Pengendalian Eksploitasi Sumber Daya: Izin ini memungkinkan pemerintah untuk lebih ketat mengawasi dan mengendalikan eksploitasi sumber daya alam, memastikan bahwa sumber daya dimanfaatkan dengan efisien dan sesuai dengan standar lingkungan yang ketat.
  3. Manfaat Ekonomi: Pemegang IUP Operasi Produksi wajib membayar pajak, royalti, dan kontribusi ekonomi lainnya kepada pemerintah, yang kemudian digunakan untuk pembangunan nasional dan pelayanan publik. Ini membantu mendukung perekonomian nasional.
  4. Keselamatan dan Lingkungan: IUP Operasi Produksi mengharuskan perusahaan untuk mematuhi standar keselamatan kerja dan lingkungan yang tinggi. Ini berarti perlindungan bagi pekerja dan lingkungan sekitar lokasi produksi.

IUP Operasi Produksi memastikan bahwa eksploitasi sumber daya mineral dan batubara di Indonesia dilakukan dengan cara yang bertanggung jawab dan sesuai dengan standar tertentu. Bagi perusahaan pertambangan, memiliki izin ini adalah syarat mutlak untuk operasi produksi, memastikan kegiatan pertambangan memberikan manfaat bagi negara, lingkungan, dan masyarakat setempat. Dalam industri yang dinamis dan seringkali kontroversial ini, memahami dan mematuhi kerangka regulasi seperti IUP Operasi Produksi adalah esensial bagi keberlanjutan operasi.

Artikel Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi ini memuat dasar-dasar peraturan yang telah diterbitkan oleh Pemerintah terkait Dokumen Pertambangan Mineral dan Batu Bara. Anda ingin mengetahui bagaimana cara menerbitkan Izin Usaha Pertambangan Operasi produksi? Konsultasi dengan Customer Service kami di sini.

Examples of Our Work

What We Create

SEIC menyediakan jasa konsultansi untuk perusahaan di berbagai level dengan proses komprehensif, serta solusi yang menjawab tantangan pasar era digital. 

Jasa ini meliputi Konsultansi Perizinan Bangunan, Konsultansi Perizinan Lingkungan, Konsultansi Perizinan Transportasi, Konsultansi Perizinan Pertambangan. 

Our Most Recent Project

How We Work

Reliability of Work Methodology

SEIC menawarkan Anda Metode Kerja Unggulan berupa modul Terms of Reference (TOR) yang merupakan penjelasan lengkap yang berbentuk berkas ataupun dokumen tentang landasan, tujuan, dan juga struktur proyek yang akan segera dilakukan. 

Gratis Konsultasi

Konsultasi Gratis setiap hari bersama Customer Service Specialist kami.

Pemberkasan Persyaratan

Tim Profesional kami akan mengumpulkan Berkas Administrasi & Teknis Anda.

Perjanjian Kerjasama

Pada tahap ini, Anda akan melakukan pembayaran dan Tim kami siap melakukan Survey Lapangan.

Survey Lapangan

Tim Profesional kami akan mengunjungi Anda untuk pengambilan sampel atau data lapangan.

Penyusunan Dokumen

Tim kami akan menyusun Kajian atau Dokumen Anda.

Perizinan Terbit

Perizinan Anda terbit!

Supported By